Jadi (Emak) Blogger Produktif Dengan Notebook Acer Aspire E1-432

by - Kamis, Oktober 24, 2013


Membicarakan perkembangan teknologi sepertinya tidak akan ada habisnya, selalu saja ada peluncuran produk baru setiap hari yang kalau kita tidak kuat iman dijamin bakal tergoda. Banyak temuan yang seakan menjanjikan hidup semakin mudah dengan mampu menyelesaikan berbagai pekerjaan dalam satu waktu, multitasking, sebutannya. Sayangnya, laju perkembangan teknologi itu seringkali tidak sebanding dengan inovasi di dompet saya: semakin tinggi inovasi, semakin rendah kemungkinan saya memilikinya. Tidak heran jika berkali-kali saya hanya bisa puas gigit jari sambil berangan-angan memiliki satu dari sekian banyak.

Memangnya teknologi apa sih yang saya inginkan? Buaanyyakkkk #curcol. Tapi, berhubung sekarang topiknya seputar ngeblog, tentunya lebih afdol kalau kali ini saya membahas salah satu teknologi yang erat hubungannya dengan tulis menulis biar ngga ngalor-ngidul.

BLOGGER DAN PRODUKTIVITAS


Bagaimana seorang blogger mampu produktif? -menghasilkan tulisan berbobot serta blogwalking, sambil tidak berbenturan dengan aktifitas sehari-hari. Masih teringat ketika awal ngeblog, saya menulis apa yang saya rasakan, pikirkan, dan apa yang saya anggap benar, sangat subjektif dan seenaknya. Termasuk jadwal menulis, mau sehari tiga tulisan atau hanya mengorbitkan satu artikel dalam sebulan, semaunya. Berbeda dengan sekarang, UU ITE mewajibkan saya untuk belajar kode etik hingga target jumlah tulisan sebagai moral blogger. Namanya blogger ya wajib sering nulis, kalau angin-anginan mana bisa dibilang blogger?

Saya sendiri masih belajar bergumul dengan waktu: terkadang boro-boro sempat parkir di layar komputer, untuk menentukan idenya saja saya harus ribet dulu dengan target harian (memasak, beberes, nyuci baju, sampai kerja, dasar emak!). Belum lagi jika sudah berhadapan dengan deadline menulis di blog. Wah, harus bisa mengatur waktu.

Akhir-akhir ini saya mencoba memanfaatkan waktu luang dengan menulis melalui ponsel. Tapi ya ternyata tidak selancar yang saya pikirkan, seringkali di tengah menulis baterai ponsel habis sehingga giliran mau di save, tiba-tiba layar ponsel mati dan seluruh tulisan hilang! Belum lagi ketika malam saat hendak memindahkan tulisan, eh, komputer digunakan si adik untuk mengerjakan tugas, jadilah saya kembali mengurungkan niat untuk menerbitkan tulisan. Kalau sudah begini, mood untuk menulis terlanjur hilang, meski dipaksakan seringkali hasilnya tidak maksimal.

BLOGGER PRODUKTIF PAKAI NOTEBOOK ACER



Blogger bagi saya itu bagaikan jurnalis amatir, seorang reporter yang harus sigap menulis ketika ide itu muncul saat inspirasi datang ataupun kejadian muncul di depan mata. Kata-kata yang bermunculan dan mengalir deras wajib disalurkan seketika, karena jika terlewatkan momentumnya, sudah deh, basi tulisannya. Makanya mesti ada teknologi yang mampu menemani keberadaan kita. Apakah itu? Tepat sekali: sebuah notebook!

Sudah pada tau belum apa bedanya netbook, notebook, dan laptop? Ternyata perbedaan utama ketiganya hanya terletak pada ukurannya saja kok. Laptop mengambil kata dari lap (=pangkuan), adalah komputer yang bisa dipangku dengan kemampuan yang hampir menyerupai dekstop atau personal computer. Biasanya layarnya diatas 15 inci dan bukan main beratnya. Sedangkan, notebook adalah "laptop sederhana", biasanya lebih tipis dan ringan dengan layar lebih kecil dari 15 inci. Seperti note (=buku catatan) diharapkan notebook bisa dibawa kemana-mana dan digunakan sewaktu-waktu -walaupun spesifikasinya lebih sederhana, tidak sekaya laptop. Adapula netbook yang sampai saat ini pakar teknologi belum bisa memberikan standar baku perbedaannya dengan notebook. Yang pasti dari kata networking (=jaringan), orang beranggapan netbook hanya sekedar untuk browsing sehingga layarnya lebih kecil lagi daripada notebook. Netbook yang saya tau sih yang seperti dompet itu tuh.

NOTEBOOK YANG TIPIS ITU PENTING!


Dulu, di perusahaan tempat saya pernah bekerja, saya difasilitasi dengan sebuah netbook, senangnya bukan kepalang. Kala itu saya merasakan betapa produktifnya saya. Rasanya demi menggunakan netbook terus, saya rela bekerja kapanpun dan dimanapun; berkendara di mobil, kantor, bahkan di rumah. Kalau bosan, saya tinggal berfoto narsis dengan webcam sejenak sebelum kerja lagi. Oh ya, disini pula, momen saya serius ngeblog: mengikuti lomba blog dan bergabung dalam komunitas blog. Ketika jenuh melanda, sayapun asyik browsing dan berbuntut menulis di blog. Pekerjaan lancar, kuantitas tulisan di blogpun melesat!

Tapi tetap saja, netbooknya bukan milik saya, jadinya besar impian saya untuk suatu saat memiliki sebuah notebook pribadi agar saya bisa multitasking dan kembali produktif ngeblog. Omong-omong netbook tersebut adalah Acer Aspire One, yang membuat saya jatuh cinta pertama kali dengan Acer.

YANG TIPIS YA, ACER ASPIRE E1-432


Di tahun 2013 ini, Acer kembali mengeluarkan inovasi baru kali ini untuk produk notebooknya, salah satunya: Acer Aspire E1-432 yang diklaim memiliki dimensi 30% lebih tipis khusus untuk mereka yang mobilitasnya tinggi. Dengan layar 14" dan tebal 25,3 mm, notebook ini dilengkapi dengan optical drive/DVD-RW, tiga buah port USB, slot SD Card dan MMC, satu buah VGA port untuk dihubungkan dengan layar proyektor, HDMI port untuk dihubungkan ke layar LCD/LED, satu buah port LAN (RJ-45) untuk konektivitas, dan sebuah wireless adapter Acer Nplify 802.11b/g/n untuk mengakses hotspot. Wow! Tipis tapi mencakup banyak hal! Padahal Acer Apire One yang mempunyai ketebalan 1,1 inci (~28 mm) saja tidak selengkap itu portnya. Notebook Acer makin tipis, nih!

Performanyapun wajib dicoba nih, mengusung prosesor Intel 4th Gen terbaru, bernama Haswell yang berkekuatan Intel® Dual Core Celeron® Processor 2955U berkecepatan 1.40 GHz yang terintegrasi dengan Intel HD graphics, Aspire E1-432 menjanjikan kinerja maksimal yang hemat energi hanya dengan TDP 15 Watt saja. Baterainya yang mengkombinasikan 4-cell berkapasitas 2500 mAh juga mampu bertahan hingga 6 jam (359 menit) untuk memutar konten multimedia (film HD), dan berkisar 3-4 jam saat menjalankan game.

Hm, semakin saya membaca spesifikasi Aspire E1-432, kok saya semakin ngiler ya, bukan saja pilihan warnanya yang menggoda; Piano Black dan Silky Silver dan dihiasi oleh pola bintang starry swirls, tapi kemampuannya bukan hanya mampu memenuhi kebutuhan blogger terhadap office basic, browsing, melainkan notebook berbobot 2,1 kg ini ok juga untuk urusan multimedia! Menggunakan RAM DDR3 sebesar 2GB (upgradeable to 8GB), kapasitas harddisk SATA yang mencapai 500GB pas banget buat download film-film Korea ataupun mempersiapkan diri untuk kehadiran The Sims 4 dan memuaskan keinginan kekasih main PES 2014!

Harganyapun di luar dugaan, saya kira bakal lebih mahal daripada notebook pada umumnya, ternyata cukup terjangkau, yaitu: Rp.4.749.000,- dan sudah tersedia di pasaran Indonesia.

Sepertinya emak manapun dijamin bakal lebih produktif deh ngeblognya, kalau punya Aspire E1-432 ; sambil masak, ngetik, sambil nyuci plus jemur baju, ngetik, sambil di kantor, nemenin bobo anak-anak apalagi!

Semangat!
Semoga di waktu yang akan datang bisa kesampaian punya notebook canggih ini!

----ooo000ooo----

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba “30 Hari Blog Challenge, Bikin Notebook 30% Lebih Tipis” yang diselenggarakan oleh Kumpulan Emak Blogger (KEB) dan Acer Indonesia

Referensi:

You May Also Like

15 komentar

  1. Aiihh kereen, gayanya ituloh mantabs..
    langsung kontrak bintang iklan acer :p

    sukses ya Non
    moga menang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gubrakkk... Hahahaa
      Sayang banget lho mak nchie ga sempat posting :(

      Hapus
  2. Waaah modelnya keren eh gayanya..hihiii, jadi paham bedanya lap and note, eh.. sukses ya Mak, salam kenaaal

    BalasHapus
  3. bikin tambah mupeng nih,salam kenal mak ^^
    keren nihcocok ya moelnya hehehe

    BalasHapus
  4. seru penggambarannya...sukses ya mak :)

    BalasHapus
  5. kereen modelnya..kereen tulisannya

    BalasHapus
  6. Keren banget ini, plus gambar2nya yang Acer bangeeettt, sukses yaaaa :)

    BalasHapus
  7. Tanpa komputer
    Empu Sedah dan Empu Panuluh
    Mampu menghasilkan karya yang ngedab-edabi
    Kakawin Bharatayudha yang termashur

    Kumpulan Emak Blogger
    Dengan personnal computer
    Dan laptop tipis Accer
    Seharusnya bisa menerbitkan karya yang serrrrr dan TER

    Semoga GAnya sukses Jeng

    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  8. notebook yang tipis itu penting pake bangetsss ya mak :) good luck ^^

    BalasHapus
  9. Sukses dapet si tipisnya mbak. Semoga juga bisa ditelepon sama agensi iklan Acer. :D

    BalasHapus
  10. Kerennn, tinggal dimainin aja tipsnya ^^

    BalasHapus
  11. Jury visit. Terima kasih sudah berpartisipasi. :)

    BalasHapus
  12. Keren, tidak selamanya emak-emak tu tidak gaul, nih buktinya Emak yang satu ni, gaul habis, jadi iri lihat nya, heheheh

    BalasHapus
  13. Hello salam kenal. Meninggalkan jejak kata telah bertandang disini. Rumah kata yg menyenangkan. Selamat berkata2 slalu

    BalasHapus

Selamat berkomentar, tinggalkan link pada username. Link yang berada di dalam kolom komentar akan dihapus. (Feel free to comment and put your link on your username ONLY instead comment box area, otherwise deleted).