Review: Usir Bruntusan Dengan Vitacid 0.025%

by - Rabu, Desember 24, 2014


Halo! Di akhir tahun 2014 ini saya mau bercerita mengenai kondisi wajah saya setelah selama sembilan bulan (and still on-going) menjalani perawatan intensif #ceilee menggunakan krim vitacid (tretinoin - retinoic acid). Ya, memang wajah saya cenderung mudah berjerawat, berpori besar, berminyak, dan pokoknya ngga keren sama sekali. Singkat cerita, saya sampai pada titik ingin mencoba krim vitacid ini. Sekedar informasi, saya sudah tiga tahun berhenti mengunjungi dokter kulit karena tidak ingin mengalami ketergantungan terhadap obat racikan mereka (yang mungkin mengandung steroid, means, jerawat hanya dipendam di bawah kulit, bukannya dikeluarkan, sehingga kalau kita tidak pakai obat dokter lagi, jerawat alhasil akan muncul lagi), namun bruntusan di jidat ini tidak kunjung berakhir...

PENGENALAN SINGKAT.
Saya banyak membaca artikel yang membahas penggunaan tretinoin, intinya, retinoic acid yang merupakan turunan dari vitamin A ini diklaim mampu mengusir jerawat secara efektif, mempercepat regenerasi kulit, dan menghilangkan noda jerawat, namun belum maksimal menutup pori, bopeng. Yang harus diperhatikan adalah: hanya boleh dioleskan di wajah/bagian yang berjerawat saat malam hari, karena kandungannya yang sensitif terhadap matahari.

Sehingga: Ketika akan membeli vitacid, kalian juga harus membeli sunblock yang cukup tinggi kandungan SPFnya (saat itu saya menggunakan Wardah Sun Block). Juga, perhatikan sabun wajahnya, pastikan tidak menggunakan sabun yang menggunakan pemutih.


MEMULAI DARI PERSENTASE TERKECIL
Di luar negeri, merk tretinoin yang terkenal adalah Retin-A, tapi sepertinya di Indonesia, khususnya di Bandung tempat saya yang paling banyak dijual adalah merek Vitacid. Terdiri dari tiga varian berdasarkan persentasenya; 0.025%, 0.05%, dan 0.01%. Dari hasil baca-baca, banyak yang bilang mulailah dari persentase yang terkecil dan dioleskan tiga hari sekali dulu agar kulit bisa beradaptasi.

Harganya ~Rp 24.000,- cukup terjangkau, bisa dibeli di apotek pada umumnya, tapi saya sempat waswas ketika akan memulainya. Karena saya orangnya nekat, saya langsung mengoleskan krim ini ke seluruh wajah, lha bruntusannya di seluruh wajah. Ada sih yang bilang, boleh dicoba dulu di leher, tapi saya sudah tidak sabaran.

PERHATIKAN: Krim retinoic acid ini lebih efektif bekerja dalam gelap, jadi mau tidak mau gunakanlah sesaat sebelum tidur dan matikan lampu saat tidur. Waktu tidur juga jangan terlalu larut di atas 11 malam, karena sejatinya regenerasi kulit kita bekerja optimal di waktu Pk 23.00-04.00 , nah, di sinilah retinoic acid mempercepat kinerja proses tersebut, so jangan begadang!

Bagaimana dengan lampu tidur? Atau sinar lampu? Dari hasil penelitian, walaupun tidak terlalu signifikan namun adanya cahaya (baik lampu ataupun gadget) bisa mengurangi daya kerja krim ini, jadi, setelah pakai krim ini jangan mainan hp lagi!


KEJUTAN DARI TRETINOIN
Tidak ada yang spesial dari wujud krim ini, putih, solid, namun cukup mudah diaplikasikan, baunya tidak menyengat tapi juga bukan bau parfum, lebih ke bau ramuan obat, but seriously no problem. Setelah bangun pagi, cepat-cepat bersihkan wajah dan pakai sunblock untuk melindungi wajah. Tapi karena kadang saya bangunnya siang, saya hanya menghindari wajah dari matahari langsung ketika bangun.

Banyak reviewer yang bilang mereka mengalami break-out habis-habisan setelah 2-3 hari menggunakan krim ini, tapi saya pastikan SAYA TIDAK MENGALAMINYA, bahkan setelah dua minggu  berjalan, muka saya tidak dipenuhi banyak  jerawat yang menggila sebesar kacang di seluruh wajah. Pada seminggu pertama, memang setelah mengoleskannya, wajah saya terasa cekot-cekot, perih namun tidak panas, hanya gatal di beberapa bagian yang ada jerawatnya. Saya hanya mengalami jerawat yang besar dan merah, namun itupun sehari satu (meuni dijadwal biar gantian), jadi tidak ada tuh yang namanya jerawat rombongan, dan setelah 3-4 hari diolesi krim vitacid, merekapun mengering dan bekasnya sudah hilang. Pokoknya nurut deh.

Jadi, faktanya: krim tretinoin ini memang bertugas mengeluarkan calon cikal bakal jerawat yang ada di bawah kulit kita, kalau nyatanya memang benih jerawat tertanam banyak di kulit kita, bisa jadi segerombolan penjahat itu muncul, tapi nyatanya di saya ngga keluar secara massal, jadi ya Puji Tuhan deh...


NO MAKEUP, PLEASE
Selain menggunakan perawatan kulit yang tidak mengandung pemutih, saya juga berhenti sejenak dengan yang namanya makeup sejenis foundation, concealer, dan kroni-kroninya. Sehari-hari saya hanya menggunakan sunblock (kadang ditambah pelembab) lalu bedak. That's all. Kalau ada acarapun, hanya sesekali saja dan itupun tipis-tipis sekali. Untuk krim malam, saya benar-benar berfokus pada tretinoin, karena katanya kalau mau menggunakan krim malam, harus mengambil jeda sekitar 30 menit setelah pengolesan tretinoin, sedangkan saya maunya tidur aja kalau sudah pakai vitacid, jadilah semenjak itu saya tidak pakai lagi krim malam.

Wajah yang kering bersisik, merah-merah. Hm.... Saya memang mengalaminya tapi tidak ekstrim, mungkin karena kandungan 0.025% yang memang tergolong rendah ya. Yang pasti sih, setelah 3-4 bulan saya menggunakan vitacid 0.025% ini bruntusan di dahi saya sudah hilang-lang-lang, hanya tinggal bekas dan warna kulit wajah saja yang belum merata, dan bonusnya di daerah dahi dan pipi mulai agak cerah mengkilat kayak wajah abis di amplas, hahaha.. Well, I kinda like that.

Saran: banyak minum air putih ya agar kulit tetap lembab dan tidak dehidrasi.

Yang pasti sih, tidak perlu paranoid kalau mau mencoba pakai vitacid, kalau mau cantik rasanya harus siap dengan resikonya, hahaha... Lucunya sih, sebelum saya pakai krim ini saya sudah wanti-wanti pacar saya:

"Hun, kalo besok dan beberapa minggu ke depan wajahku tiba-tiba lebih jerawatan dari sekarang kamu jangan marah ataupun ngelarang aku berhenti lho ya..." Semacam itu deh, dan untungnya dia suportif juga dengan pilihan saya.

So, ada yang mau coba?
Cerita berikutnya adalah mencoba tretinoin dengan dosis yang lebih tinggi ^^ Ciao!

You May Also Like

190 komentar

  1. saya pernah pake ini juga :D dulu pas lg jerawatan banyak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kk,vitacid yang 0,025 bisa ngilangin bekas nya nggak?

      Hapus
  2. Aku belum pernah coba ini,*catat di wishlist . ini di dahi brutusan tp gak terlalu banyak sih, kalo lg gak malas keluar rumah mau cari ini ah~ .

    http://kawaii-diary98.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. penasaran dr dulu tapi maju mundur mau cobanya haha , nice review btw ^_^

    XOXO
    http://leeviahan.blogspot.com

    BalasHapus
  4. thanks reviewnya ^^
    jadi kalo sewaktu2 dipake buat obat jerawat ga boleh ya? krn sifatnya lebih ke mencegah jerawat? CMIIW

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear, ini emang obat jerawat kok, mencegah kalo emamg kita ngerasa bakal ada calon jerawat..

      Hapus
  5. Maaf saya mau tanya semisal jerawatnya di dahi saja krimnya dioles ke area yg jerawat saja atau oleskan ke sluruh wajah ? Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Yayuk, untuk pemakaian pertama kali sebaiknya dioleskan tipis2 ke area yang berjerawat, agar kulit bisa beradaptasi dulu dengan kandungannya. Saya berani dioleskan ke seluruh wajah karena sudah tau krim ini cocok dengan tipikal kulit saya dan tidak menyebabkan efek samping yg bikin jdi makin jerawatan. Semoga membantu ya, trims sudah berkunjung.

      Hapus
    2. Oh bgtu hehe kalo pakai ini malam harinya siang hari nya diwajibkan memakai sunblock yah? Oiya saya mau tanya juga, apabila saya sedang memakai sabun muka yg ada kandungan sulfurnya, ketika pakai ini apa harus dihentikan pemakaian sabunnya ?

      Hapus
    3. Iya karena krim ini bikin wajah fotosensitif - peka terhadap matahari, jadi jangan lupa pakai sunblock. Sabun sulfur itu untuk obat jerawat biasanya bikin kering kan ya, sebaiknya sih dihindari atau pilih salah satu (vitacid atau sulfur dulu), kalo ngga nanti rentan iritasi kulitnya. Kalau pake vitacid pakainya sabun wajah biasa (tdk mengandung pemutih, bukan anti-aging, tanpa scrub). Saya bahkan sempat pakai air biasa aja cucinya, cleansernya juga jangan pakai yg mengandung alkohol, bakal nyelekit di wajah.

      Hapus
    4. Oh gitu ka . Obat ini ketergantungan kaya krim dokter gitu gak ka? Kalo sudah pakai trus ilang jerawatnya, itu lgsung brenti aja pemakaiannya apa dipakai aja terus ?

      Hapus
    5. Sejauh ini ga bikin ketergantungan. Kalo obat dokter biasanya mengandung steroid, fungsinya memendam jerawat aja bukan ngeluarin, jadinya kalo ga pake lagi, ya jerawatnya muncul lagi. Kalo vitacid buat ngeluarin semua bakal jerawat, dipake terus sampe jewat matang dan kering, jadinya ya ilang dan misal perawatan/makannya ga aneh2 ya ga akan dateng lagi, hehe.. Berdasarkan pengalaman.

      Hapus
    6. Hi mba, Kira2 kalau pakai vitacid dengan Essence gapapa atau lebih baik vitacid dulu?

      Hapus
  6. Kak kalo buat beruntusan yg buanyak bgt dikasih apa ya ? Udah setahun ini jerawatan parah :( tlg bantu jawab ya kak :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini reviewnya tentang ngobatin bruntusan, jadi dibaca aja lagi tulisannya ya, siapa tau kalo cocok bisa dicoba :)

      Hapus
    2. Hi kak noniq...aku kmrn2 pakai krim wajah ikut2 teman sama sabun yg katanya bs ngilangin gatal2 dikulit dan jerawat,nah bgt aku pakai justru muka aku jd bruntusan ,awalnya jerawat cm ada satu dua sekarang muka bruntusan semua dan agak gatal jerawat jg terutama jerawatkeci2 waenya putih2 klo dah dipencet keluar kaya nasi putih agak keras itu.td malam aku cb pakai vitacis aku oles merata. Buat masalah muka aku bs ga ya?

      Hapus
  7. Mau tanya kak .
    Aku bru pke vitacid 1 minggu, dn langsung pke yang 0.1..
    Stelah pke muka aku tmbh bnyk jerawatnya kecil2 gtu sama merah2 .. gatel juga didaerah yg berjerawat.
    Apa itu wajar kak ? Apa harus ganti ke 0.05 ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, kemungkinan kulit kamu kaget dengan persentase yang tinggi, dan itu dia memang ngeluarin bakal jerawat yg di dalam kulit kmu. Solusinya bisa pindah ke 0.025 dulu atau, frekuensi pemakaiannya diatur 1x dalam 3 hari sampe kulit jadi kalem lagi.

      Hapus
  8. Halo salam kenal, aq br ajaa beli vitacid nih 0,025..utk pemakaian itu setiap hr atau smgu 3x ya?
    Klo pagi hari blh pake cream pagi n sunblock dr dokter gk ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga Prischa,
      kalo untuk pertama kali, bisa dicoba 3x sehari dulu tiap malam, kalau kulit wajah ok-ok aja, tidak gatal atau perih secara berlebihan dan kamu ngerasa cocok, boleh ditingkatkan frekuensinya hingga tiap malam tiap hari.
      Paginya wajib pakai sunblock, dan hindari krim-krim yang bersifat memutihkan. Baiknya bisa dilihat beberapa bahan yang kontra dengan vitacid (bisa dibaca di kertas vitacidnya), dan cek apa krim dokternya tidak mengandung bahan yang dilarang.
      Semoga membantu ya...

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak sy mw nnyak, wjah sy kn jerawaten tyuz ada bekas jrwatnya item2 gt, nah skg sy lg make vitacid kadar 0,05 dan kalo pg make sunblock parasol spf 33, sy uda seminggu makeknya kok wjah sy malah kusam tyuz tmbah berminyak ya kak ? N malah tmbuh jrwat kcil2 bnyk bngt gt kak d jidat, itu kira2 sy sebaiknya nerusin ap ga ya kak ?
      Tyuz satu lg, kn makeknya selang seling ya kak, misal senin make slsa nggak tyuz rabu makek lg, nah pas slsanya itu pas mlmnya bole di selingi make masker putih telur ngga kak ?
      Makasi kak m'f kbnykn nnyak hehee

      Hapus
    2. Pertama, pastiin dulu perawatan wajah kamu sudah benar lho ya, mencuci muka dan cleansingnya. Karena kalo dari pengalaman saya, ngga pernah kusam ataupun berminyak yang berlebihan, bisa dicek dari pola sehari-hari dulu mungkin. Masker putih telur juga ati-ati, kalo ngga cocok juga bisa bikin nambah bruntusan sih. Biasa efek break-out (jerawatan) karena vitacid, itu bisa memakan waktu 3 bulan, karena dia emang ngeluarin calon bakal jerawat.

      Hapus
  10. Hai mbak noniq :) Mau share pengalamanku nih, aku udah kira2 hampir 2 bulan pakai vitacid yg 0,025, mukaku sensitif banget soalnya. Nah tepat pas 1 bulan, mukaku mulus, cuman beberapa whitehead aja yg blm teratasi. Tapi ketika udah lebih dari 2 bulan (sampai skarang ini) mukaku kok bruntusan lagi yah, keluar lagi si komedo2 dan jerawat bruntusan, malahan merata, di dahi, pipi, dagu, rahang juga ada. Nah itu kalau menurut kamu, reaksi purging atau apa nih ya. Trs menurut kamu, aku harus lanjut 0,025 atau pindah ke 0,5? Btw, udah berapa bulan nih pakai vitacid :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, menurut saya bisa jadi purging. Coba dulu berhenti beberapa saat, kira-kira 3 harian untuk melihat apakah bisa berhenti. Yang 0.025 memang efek purgingnya bisa sampai 3-6 bulan sih yang saya tau. Menurut saya sih bertahan dulu di 0.025 aja, sampai kondisi kulit stabil. Saya pakai 0.025 sekitar 8 bulanan. Sekarang udah jalan 1 tahun dengan vitacid dan uda pake 0.1% ^^

      Hapus
  11. Klo misal pke bb cream tpis gtu blh gak ya? Soal kl ga pke bb cream ke sklh krang PD: (

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab,
      @sherina usahakan jangan pakek bb cream dulu dh karna malah bikin break out wajahmu kelihatan bnget. Secara vitacid membuat kulit wajah kering hingga mengelupas dan bb cream bentuknya cair gt. Puasa cosmetik aja.
      Kalo saran aku pakek pelembab deh dulu trz sunblok dan bedaknya pakek bedak tbur aja. Plikasinya saat sunblock udah mulai meresap jadi minyak dari sunblok itu membantu bedak tetap stay. Trz buat ngratain bedaknya pakek brush aja jgn pakek puft. Pakek puft dr pengalamanku tetep bkin break out kelihatan lebih maksimal.

      Hapus
    2. Mau nnya dong kak.. Aku pake vitacid udh 3 hari cuma muka aku jdi kering terus aga ngelupas gtu tpi emng jerawat jdi cpet kering juga si cma ada rasa perih.. Efek smping kaya gini wajar ga sih kak. . Aku pake yg 0,25

      Hapus
  12. Kalo buat ditangan bisa gak mba? Soalnya aku beruntusan ditangan nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Sarah, kalo di tangan kurang tau, takutnya permasalahannya beda. Waktu itu ada yg dipake di punggung tapi malah ga ada khasiatnya... Maaf ga bisa bantu yg ini..

      Hapus
  13. Halo mbak, kebetulan mampir nih..
    Mau nanya mbak saat ini masih pakai vitacid tidak?
    Soalnya saya baru aja pakai vitacid 0.05%, rencana pakai 2x seminggu. Skrg baru minggu pertama dan lgsng muncul whitehead disekitaran pipi, dagu, bahkan bawah mata :(
    Kalau belum ada perubahan, bulan depan saya mau coba pindah dr retinoic acid ke retinol 1% yg lebih lembut..
    Ditunggu jawabannya ya mbak :)
    Thnx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya masih pakai vitacid 0.1% tapi sesekali karena bruntusan sudah 90% hilang. Saran saya sih coba habisin dulu vitacidnya 0.05 ( saya minimal menggunakan tiap persentase minimal 3 bulan baru ganti ke yg lebih tinggi kadarnya). Sekaligus sambil diperhatikan pola perawatan kulit dan asupan ya.
      Dan tambahan, makin tinggi persentasenya ga lebih lembut lho :) 1% atau 0.1% maksudnya? makin tinggi cenderung membuat kulit lebih kering...

      Hapus
    2. Kalau saya baca2, si retinol itu bentuk keseluruhan vitamin A, bukan langsung dalam bentuk asam. Nanti kalau sudah terserap dalam tubuh, dia baru bisa aktif dan kemudian berubah menjadi retinoic acid.
      Jadi efek sampingnya gak seekstrim retinoic acid tapi kerjanya juga lebih lamaaaa... Dan 1% retinol kadarnya masih lebih kecil dari 0.05% retinoic acid.. gitu mbak~
      Rata2 saya liat review orang2 pada pakai 0.025% buat percobaan.. apa saya ganti jadi 0.025% vitacid dulu aja kali ya.. ?

      Hapus
    3. Halo mbak Mela, maaf saya salah baca tentang yang mbak tulis. Saya ngga perhatiin yang mbak maksud Retinol. Retinol 1% kadarnya hampir sama dengan retinoic acid 0.025%. Saya juga mulainya dari persentase 0.025% untuk membiasakan kulit dulu...

      Hapus
  14. aku pake vitacid ini tiap hari mlm sblm tidur. Bikin break out sih jerawat jd merah gitu. Aku baca disini pakenya jgn tiap mlm ya. mba efek purgingnya lama jg ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakenya 2-3 malam sekali aja kalau break-outnya lumayan. Efek purging bermacam-macam mbak, berdasarkan pengalaman ada yang sampai 6 bulan..

      Hapus
  15. Balasan
    1. Oke saya coba yg 0,025 .
      Bisa menghilangkan flek hitam?
      Tahu Cara ampuh menghilangkan flek hitam?

      Hapus
    2. Hai Rizki, flek hitam biasanya bisa hilang dengan rutin pakai masker :)

      Hapus
  16. kak saya make vitacid 0.05 dan make sun blok parasol. saya make vitacid nya setiap malam. muka saya kan banyak beruntusan jerawat. nah, saya baru make 2mingguan kok jerawat saya numbuhnya bernanah smua ya? dan sekalinya numbuh langsung 5biji itu bahaya ga kak?
    tolong sarannya kak. makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, pastiin kamu baca lagi artikel di atas ya, karena di situ udah ada penjelasannya: mulai dari penggunaan presentasi terkecil, mengatur frekuensi pemakaian, dan juga bagaimana ketika break-out...

      Hapus
  17. Kak 2 mingguan sy pke yg dosis 0,025 ttrus sy gnti dng 0,1 trus muncul deh jrwat ada nanahny lg di jidat... ITU solusiny. Gmna kak? Oyah sy pke pembrrsih muka viva lemon yg milk cleanser sepasaang kak, apa ITU sdh Abner kk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo dari pengalaman sih, terlalu cepet ganti dosisnya, efeknya wajahnya jadi "kaget" coba dosisnya ditingkatin secara perlahan ya..

      Hapus
  18. Hai, misal kalo udah dapetin hasil yang diinginkan, boleh pake kosmetik yg whitening lagi gak? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung kandungan di whiteningnya apa, kalo sekarang saya udah berusaha ngga pake yang AHA, kalo whitening lebih ke bahan-bahan alami.

      Hapus
  19. Tolong kka sya ..
    ini kulit sya knp jdi purging sendirinya y aneh bnget padahal gk pkai vitacid and yg lain .wajah sya kering ,ngelupas ,kaku saat digerakan ,gatal ,kusam ,flek hitam ,jerawat bnyk yg bermunculan ada yg bernanah ada juga yg kecil merah dan komedo terbuka . sekarang wajah saya normal kembali setelah saya rutin minum teh dicampur minyak zaitun (diminum and dioleskan),dermatix (dioleskan) ,propolis (diminum and dioleskan) ,gold g (diminum and dioleskan) .yg sya tnyakan wjah sya kok bisa purging sendiri ? alhamdulillah wjah sya sekarang bersih and normal kembali jerawat and flek hitam tidak ada muncul lagi

    BalasHapus
  20. Kk mau nanya tolong direspon ya kk^^
    Kk klo paginya itu pake niacef terus malemnya pake vitacid yg kadarnya paling rendah, bisa ga kk di aplikasiin kayak gitu? Trus kulitku berjerawat dan berminyak itu sunblocknya pake apaan kk? Pke parasol bisa gg kk? Soalnya aku pke clean n clear

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal dilihat aja apakah komposisinya niacef "sejalan" atau ngga sama vitacid. Vitacid ngga bisa gabung sama alkohol atau pemutih AHA, jadi ati-ati ya..

      Hapus
    2. Ikut jawab ya, bisa kok soale aku juga lagi pake itu sekarang

      Hapus
  21. Ka, aku tanya dong.... Skrg aku udh pake vitacid yg 0,05% jalan 1 bulan. Skrg banyak jerawat batunya yg keluar ka.... Huhuhu
    Gimana dong ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi efek purging, tapi coba dikurangi pemakaiannya 2-3 hari sekali, nanti dilihat kondisinya gimana..

      Hapus
  22. hai kak, aku mau nanya dong. aku udah pake vitacid yg kadarnya 0,025% udah sekitar 1 bulanan. dan sekarang udah berhenti karna menurutku jerawatnya udah pada hilang, tapi setelah berhenti dari pemakaian vitacid ini kok wajahku jadi kaku, merah, kasar seperti penhelupasan kulit gitu yaa kak?? kira - kira sampai kapan yaa kak wajahku pulihnya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih banyak pake moisturizer aja, maskeran dan minum air putih, nanti biar mukanya berangsur-angsur lembab lagi..

      Hapus
  23. haii ka...muka ku saat ini lagi breakout bangetttt, jerawat beruntusan di dahi rameeee, kalo yang di pipi tinggal bekas jerawatnya aja nih ka, aku tertarik buat coba ini tapi aku takut muka aku malah purging :( , ada solusi gak kaa?

    BalasHapus
  24. Haii ka..
    Kalo aku yg dr brutusan trs sering kegaruk lalu jd kaya luka merah2 gitu kira2 bisa gak yah? Lalu kl bs mksd dr sabun yg pake pemutih maksdnya yg bikin muka putih (natural bright) kaya dr rice gt gabs jg yah?? Thankss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya jadi scar gitu ya?
      Maksudnya jangan mengandung AHA dan alkohol

      Hapus
  25. Sore ka ,,
    Mau nanya apa bisa pake vitacid untk mnghilangkan bopeng bekas jerawat ?
    Tapi ga trlalu parah sih ..
    Hnya sdikiit di pipi kanan
    Apa bisa mulus lagi pake vitacid?
    Trus harus pake vitacid kadar brapa ?

    Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mukosta,
      Kalo bopeng kayaknya kalo udah lama kurang efektif, apalagi kalo uda dalem banget. Selain vitacid kamu harus ngelakuin perawatan lainnya (kayak peeling).

      Kalo kamu belum pernah pake vitacid, selalu pake dari kadar terendah ya..

      Hapus
  26. waah... efeknya vitacid keren juga ya ... :D

    BalasHapus
  27. Vitacid ini emang bagus banget buat yang jerawatan kalo menurutku.. soalnya sdh terbukti di muka ku sendiri emang sih butuh perjuangan, ga instan. Salken ya mbanoniq^^

    BalasHapus
  28. Vitacid ini emang bagus banget buat yang jerawatan kalo menurutku.. soalnya sdh terbukti di muka ku sendiri emang sih butuh perjuangan, ga instan. Salken ya mbanoniq^^

    BalasHapus
  29. Say aku pngen nyoba vitacid soalnya bekas jerawat susah bgt ini ilangnya
    Terus beruntusan di dahi pagi nya bersih sorenya tiba2 ada jerawat paling muncul 1 2 itu jg dtg nya tbtb bgt.
    Dlu gapernah gini
    Palingan jrwt datengnya pas mau mens aja
    Grgr abis perawatan muka dr dokter jd gini skrg jd sensitif bgt muka aku cpt jrwtn dan ngilanginnya susah bgt
    Apalagi bekasnya
    Ketambah skrg beruntusan yg susahnya stengah mati
    Mau pake vitacid msh ragu nih say tkt purging nya
    Trs cara make nya ke yg beruntusan dan jrwt aja apa merata ke seluruh muka yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Anisa,
      pakenya kalo awal-awal di bagian beruntusan aja ya ^^

      Hapus
  30. nice info :) mampir juga ya.

    BalasHapus
  31. Hai kak Noniq, brarti kalo efeknya adalah kering dan mengelupas, selain pake sunblock harus pake pelelmbab juga dong kak? ada pelembab yg recommend buat dipake sama vitacid ka? pengen nyoba tapi takut purging ny >,<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo,
      Aku sekarang lagi demen pake Bio Oil sebagai pelembab sebelum sunblock.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  32. Halo mbak
    Mau tanya nih aku beruntusan/jerawat batu dipipi sama dahi, rencananya aku mau pake vitacid yg 0,025 sama parasol spf 33 trs kalo sabun mukanya boleh pake acnes ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, mbak Ignacia,

      saya dulu sempat pake Acnes ga masalah kok.

      Hapus
    2. Kalau acnes yg scrub itu gmn ka? Boleh ga? Makasih

      Hapus
  33. hai noniq . aku baru seminggu pakai vitacid 0.025 karna di pipi ku bnyak jerawat bruntusan tipe kulit ku berminyak. awal pakai kulit mengelupas selama 3 hari dan muka juga merah sedikit,kusam,kalo siang berminyak gak kaya biasa nya kemudian berangsur cerah tapi knpa ya aku belum ngalamin purging ? bruntusan nya juga gak terjadi pembengkakan atau keluar putih2 nya gitu ? padahal udah nunggu2 pengen cepat purging. saran nya dong mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo lagi ngelupas, jangan lupa pake pelembab ya siangnya.
      Aku juga lama purgingnya, jadi saran aku ya sabar aja dulu ^^

      Hapus
  34. Halo kak noniq, aku lagi penasaran sama vitacid. Jerawat aku hanya beberapa dan yg aku permasalahin aku punya milia ditepi hidung. Lumayan banyak sih, kalo pake vitacid bisa ngatasin milia aku ga ka??? Kalo aku baca-baca dibeberapa blog itu bisa. Menurut kaka gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Rifa, maaf nih ngga bisa banyak bantu kalo milia, soalnya aku ngga ngalamin T__T jadi ngga berani kasi pendapat yaa...

      Hapus
  35. Sore kak �� vitacid emang paling sipp. Hehe
    Aku baru sebulan pake vitacid yg 0,25% alhamdulillah cocok kak. Jerawat brutusan di jidat sudah bye bye hehe.. Awal pemakaian emang perih trus gatal, tapi itu ga bikin aku brhenti untuk tetap pake. Alhamdulillah skrg rada bersihan, tapi masih ada bekas flek hitamnya kak. Nah utk pindah ke vitacid yg 0,5 ato 0,1 gmna ya? Apa jgn dulu? Takutnya jadi nambah jerawat gitu.. Makanya ini sama browsing dan cari-cari info untuk ganti k vitacid yg lebih tinggi? Minta tlg infonya yaa kak ☺ thanks before

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo udah lebih dari 3-4 bulan, bisa dicoba naikin dosisnya (kalo memang masih ada jerawatnya - bukan bruntusan), tapi frekuensi pemakaiannya jangan terlalu sering dulu biar kulit adaptasi dulu.

      Hapus
    2. oh gitu yaa, jadi harus nunggu dl. gapapa lah sm habsin g 0,25 juga. kira-kira klo mau pindah k yg apa ya? maksudnya 0,5 atau 0,1? emg harusa itu pemakaian vitacid berapa hr skali kak? aku pakenya tiap hari sblum tdr .

      Hapus
  36. Halloo kak, mau tanya ni. Aku udh hmpir seminggu pake vitacid yg 0,025. Tl jerawatnya gak hilang2, cuma muka aku gatel banget dan kulitnya ngelupas2 halus gitu, kelupasan nya gk nampak banget sih, tp kl di perhatikan bgt waktu bercermin keliatan kelupasannya. Gimana kak?

    BalasHapus
  37. Halloo kak, mau tanya ni. Aku udh hmpir seminggu pake vitacid yg 0,025. Tl jerawatnya gak hilang2, cuma muka aku gatel banget dan kulitnya ngelupas2 halus gitu, kelupasan nya gk nampak banget sih, tp kl di perhatikan bgt waktu bercermin keliatan kelupasannya. Gimana kak?

    BalasHapus
  38. Halloo kak, mau tanya ni. Aku udh hmpir seminggu pake vitacid yg 0,025. Tl jerawatnya gak hilang2, cuma muka aku gatel banget dan kulitnya ngelupas2 halus gitu, kelupasan nya gk nampak banget sih, tp kl di perhatikan bgt waktu bercermin keliatan kelupasannya. Gimana kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan absen pakai pelembabnya ya kalau siang :) Setelah pake sunblock, pastikan pakai pelembab.

      Atau sebelum pake sunblock, kamu bisa oles dulu mineral oil :)

      Hapus
  39. Hai Noniq salam kenal yaaa! Wah telat banget nih baru tau tentang vitacid. Jenis muka kita sama hihi aku baru pake vitacid 3malam nih kendalanya pun sama kayak cerita kamu, tp kok aku ngga ngerasa ada perih atau efek apa apa ya? Apa karena kulit wajah yg tebal? Btw aku juga ngerasa jerawat aku ko kayak makin kebal semenjak pake dokter muka gitu. Kira-kira kalo aku naikin ke 0.05 seminggu kemudian gmn Non, saran donggg ^^

    BalasHapus
  40. Hai Noniq salam kenal yaaa! Wah telat banget nih baru tau tentang vitacid. Jenis muka kita sama hihi aku baru pake vitacid 3malam nih kendalanya pun sama kayak cerita kamu, tp kok aku ngga ngerasa ada perih atau efek apa apa ya? Apa karena kulit wajah yg tebal? Btw aku juga ngerasa jerawat aku ko kayak makin kebal semenjak pake dokter muka gitu. Kira-kira kalo aku naikin ke 0.05 seminggu kemudian gmn Non, saran donggg ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Vhany, kalau mayoritas orang bilang sih jangan cepet-cepet naikin dosisnya - akupun juga ga berani nyaranin ganti dosis dalam kurun waktu singkat.

      Mending abisin aja dulu 0.025nya kalau memang ngga ada perubahan bisa dicoba ke dosis yang lebih tinggi ^^

      Hapus
    2. Thanks say ^^
      Aku coba bertahan dulu sama dosis kecilnya. ngomong2 sabun muka ga boleh mengandung salicyl acid ya? aku baca baca ada yg pakai Dettol juga yg warna pink gitu. saranin ke aku dong sabun muka sama milk cleanser yg cocok kalo pake vitacid gitu ^^

      Hapus
    3. Aku sebenernya sempat gonta ganti sabun muka sih dan rada cocok2an, aku waktu itu sempat cocok pake Hada Labo cleansing foam :) dan menurutku yang rada cocok ini hehe...

      Hapus
  41. Hallo ka, mau tanya kalo bruntusan kaya penumpukan debu/kotoran di pipi tp bukan jerawat, hanya bruntusan kecil2 merah doang itu bisa gak ya pake vitacid?

    BalasHapus
  42. Hallo ka, mau tanya kalo bruntusan kaya penumpukan debu/kotoran di pipi tp bukan jerawat, hanya bruntusan kecil2 merah doang itu bisa gak ya pake vitacid?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo memang susah ilangnya (alias uda cuci muka, banyak minum air putih tapi belom ngefek), bisa dicoba pakai yang ini.

      Hapus
  43. Oya kak, aku udah sebulan pake vitacid, minggu lalu aku naikin ke o,5 tp jerawatnya juga gak ilang2. Gmna dong? Atau emang prosesnya ampe berbulan2?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wajarnya sih emang sampe berbulan-bulan (3 bulan), kalo emang uda lama banget bisa coba naikin kadarnya, tapi kalo makin meradang, mending di stop dulu, takut ga cocok.

      Hapus
  44. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  45. Halo MBA aku cowo umur 21 pkai vitacid udah hampir sebulan lebih TPI ko jerawat nya mlah makin bnyak ya itu ng'ga cocok atw purging??sama pencuci muka yg bagus apa aya klo Lg pke vitacid gni ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi purging, coba kurangin frekuensi pemakaiannya aja dulu. Cuci muka aku suka Hada Labo atau Sariayu Anti Jerawat ^^

      Hapus
  46. Halo kak , baru make vitacid 1 minggu kok kulit wajah aku jadi kusam dan berminyak kak , trus tambah brutusan kecil sama kulit wajah aku tu kalau habis di cuci jadi keris gitu , itu gimana ya kak nggak cocok ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba di stop dulu, kalo uda rada kalem wajahnya coba pakai lagi, bisa jadi kulitnya lagi adaptasi. Tapi kalau emang makin menjadi-jadi berarti ngga cocok..

      Hapus
  47. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  48. Halo kak aku baru beli vitacid yg 0,025. Aku jerawatan di pipi dan di bawah mulut kak, di dahi juga tp gak banyak banget. Trs di bawah mata agak deket hidung kyk ada bentol kecil mgkn itu jerawat kecil, aku harus olesin ke semua wajah atau yg bagian jerawat aja ya? soalnya memang hampir seluruh wajah jerawat kak huhu terutama di bagian pingir pipi kanan dan kiri. Thanks before:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagian yang berjerawat aja ya, tapi hati-hati jangan terlalu dekat dengan mata, karena nanti kulit daerah mata bisa kering.

      Hapus
  49. Haii sayy. Klau untuk bekas jerawat aj bisa gk ya? Jerawat posisi uda gk ada tinggal bekas aj. Thanks atas responnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo bekas jerawat/bruntusan yang baru harusnya bisa tapi ngga terlalu maksimal (alias ga terlalu bisa diharepin - tapi bisa).
      Tapi mendingan lebih ke pake masker aja ^^

      Hapus
    2. Maskernya meerek apa ya yg bagus?

      Hapus
  50. Hai.. aku mau nanya dong, brutusan aku itu di area mata dan dahi, apa boleh makai nya di mata? Aku udh gonta-ganti skincare tp sampai saat ini belum ada yg bisa nyembuhin brutusan aku di mata :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, kalo saran aku bruntusan daerah mata jangan dikasi vitacid karena lapisan kulit daerah mata lebih tipis jadi lebih sensitif.
      Takutnya hasilnya malah jadi makin kering kulit daerah matanya.

      Hapus
  51. Hallo ka, aku tertarik bgt buat coba vitacid ini soalnya di wajahku ini bruntusan. Nah, di wajahku ini ada bekas jerawat jadi tiap malem aku pake acnes spot care dan produk serum Thailand. buat pelembabnya pake Himalaya Herbals Energizing Day Cream. kalo misalnya pake vitacid ini dari 3 produk tadi mana yg masih boleh aku pake ? atau vitacid dan pelembabnya saja ? Terimakasih sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, utk malemnya kamu harus pilih, mau pake serum+acne spot atau vitacid, menurut aku sih jgn dicampur.

      Pelembab day creamnya mungkin bisa..

      Hapus
  52. Hi kaa, aku mau nanya.
    Aku udah beli vitacid yg 0,025% belum pernah aku coba sama sekali sih, mau coba tapi masih ragu soalnya aku masih pake wardah acne series baru sebulan dan menurut aku pake wardah emg ngilangin bekas tapi selalu timbul komedo dan jerawat kecil makanya aku mau coba pake vitacid.
    Tapi gimana apa gapapa kalo setiap malam aku tetep pake wardah purifying,cleanser,dan tonernya setelah dibersihkan wajahnya baru pake vitacidnya?
    Apa bakal timbul efek samping?

    Mohon direspon ya ka, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, aku kurang tau nih kandungan produk wardah yg itu. Selama kandungannya ga kontra sama vitacid sih gpp (alkohol dll)

      Hapus
  53. salam kenal kak..q jg lg pake vitacid 0,05. kulit q brminyak bgt udh ky kilang minyak dan kalo mslh jerawat beeuuhhh jgn dtanya lg. komedo jg buaanyaakk item2 pula.pada pemakaian 4hari prtama udh kliatan hasilnya. jerawat q pada kempes dan komedo q yg item2 brangsur brkurang kak. pada hari ke 4 udh mulai purging tp g parah2 bgt si. ni tinggal bbrp aja jrwt yg nongol..q pake agak tebel kak,tp alhamdulillah baik2 aja kulit q.sabun q pake clean n clear dan pake viva yg kuning. siang hari q pake bb cream wardah.suka bgt ma produk ini.

    BalasHapus
  54. Maaf kak noniq saya mau tanya kalo beli vitacid nya dmna kak dan saya jga batu mau coba pke vitacid kira kira saya harus pake vitacid yang mana kak mohon bantuannya ya kak ??

    BalasHapus
  55. Hi kak .. gak tau knpa mukak q kok makin hati jerawat kecil kecil banyak banget yg muncul di pipi jidat n dagu aku . Apa karena aq gak cocok pakai viva milk cleanser sma face tonicnya ya ??
    Aq mau cobak pakai vitacid . Trus untuk sabun mukak, pelembab sma sunblocknya cocoknya merek apa kak ?
    Tlong dibalas kak
    Soal.a jerawat mkin banyak n gatal jga
    Mkasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, untuk sunblock, aku cukup cocok pake parasol, kalo cleanser, coba pake Cetaphil atau hada labo..

      Hapus
  56. dari dulu pengen banget nyoba ini, tapi maju-mundur gara-gara takut purging yang berkepanjangan :( btw, misalnya sunblocknya pake punyanya acnes yang UV tint boleh ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asal kandungannya ngga kontra sama vitacid gpp ^^

      Hapus
  57. Kak aku mau nanya...aku kan pakai sabun cuci muka clean and clear daily pore cleanser. Trs malemnya sebelum tdr aku pake vitacid. Daerah yang bruntusan aku olesin semua kak. Aku pake kadar yg paling rendah. Gapapa kan kak? Bls ya kak. Makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, kamu bisa coba olesin tipis-tipis dulu untuk liat apakah ada efek sampingnya atau ngga...

      Hapus
  58. Aduh rasanya masih bimbang antara mau coba ato nggak. Untuk white head bisa gak ya? Aku banyak banget white head di dagu.
    Thanks buat infonya kakak :D
    aku jg punya blog tp msi baru ini
    devithennia.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sempat nyoba, bisa sih, tapi lama ^^
      Kalo whitehead intiny bersihin mukanya harus berssihhh ^^

      Hapus
  59. kakk aku udah pakai yang 0.05 tapi mukaku kok jadi whitehead gitu gimana nanganinnya kak? apa nanti hilang sendiri apa gimana kak makasiih

    BalasHapus
  60. kak aku pake vitacid kok jadi kaya daerah pipi putih gitu jadi belang gitu kak gimana cara nanganinnya makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kalo ada whitehead, coba ritulnya bersihin mukanya lebih diperhatikan ya ^^
      Aku ngga ngerti pipi jadi belang gimana maksudnya?

      Hapus
  61. Aku udah pake sebulanan tapi gaada efek purging sih. Tapi jerawat yg udah ada dari sananya ngering trus sedikit sedikit ilang sih

    BalasHapus
  62. Hai kak mau tnya dong, saya bru pke vitacid 2x muka merah merah trus pke cream wardah ngaruh ga sih, merahnya nnti ilang sendiri apa ga yaa, merahnya di bagian yg di oles vitacid nya ajh sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Merah gimana ya?
      Krim wardahnya yang mengandung pemutih ya? Kalo pake vitacid, krim pemutihnya dihentikan dulu yaa

      Hapus
  63. Ka mau nanyaa. Aku terhitung udah make vitacid 4 hari. Pas hari ke 2 pakai aku make krim siang terus jadinya bruntusan lagi. terus ini udah 2 hari make lagi malah muka jadinya perih gitu ka. Emang efeknya gtu apa gmna yah? Mohon pencerahannya kaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake vitacid memang membuat efek purging, jadi cikal bakal jerawatnya keluar semua... Sambil banyak minum air putih ya...

      Hapus
  64. Kak kalo buat ngilangin bekas jerawat yang menghitam gitu bisa gk kak? Dan kira kira ntar takutny numbuh jerawat gitu gk sih?

    BalasHapus
  65. Kak kalo untuk ngilangin bekas jerawat ampuh gk? Dan kira kira berapa lama ilangnya and parah gk si kalo ngelupas gt ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo bekas jerawat mending banyak pake masker aja ^^

      Hapus
  66. Sist mau tanya klo pake vitacid aturan pakainya 1minggu brp x ya ?saya mau coba ,sblmnya saya pakai cream dr dokter tp sudah hampir 6bln ini wajah saya jerawatan trus dan bnyk jerawat
    Batunya ,saya cape jerawat malah makin bnyk dan bekasnya pd hitam" ,utk sunblock dan pelembab pakai apa ya ?klo dicampur bedak tabur bisa gak ya ?tolong infonya ya ,thx

    BalasHapus
  67. Pake sun block dl apa pake vitacid dulu sih kk? Apa ke balik? , tolong infonya thx

    BalasHapus
  68. Kk jd gini aku masih bingung soal bekas jerawat aku, jd aku lebih baik pake yg vitacid 0,25/0,5/0,1 aku juga masih bingung nih kk sebenarnya pake sun screen dulu apa pake vitacid dulu thx tolong di bales kk

    BalasHapus
  69. kalo buat ngilangin bekas jerawatnya gmn ya? mohon infonya

    BalasHapus
  70. Hai kak, saya mau nanya..
    dulu wajah saya berjerawat banyak, tp sekarang udah tinggal bekas + kadang keluar jerawat lagi dikit2, itu mending saya pake yg berapa? Trus kalo siangnya saya pake krim pagi yang sunscreen oil free dari dokter sama bedak tabur gpp kan? terimakasih sebelumnya kak
    Salam

    BalasHapus
  71. lagi pake vitacid juga udah 5 hari

    BalasHapus
  72. oh gitu terus kalau misal nya penyakit kulit obat nya apa ?

    BalasHapus
  73. Halo kak, aku mau nanya nih. Sunblock untuk muka dijual di apotek juga ga ya? Waktu itu km belinya berapa? Oh iya, klo pelembab Olay gapapa kan ya?

    Ka, aku kan di sekolah ada solat zuhur gitu, nah pas wudhu kan mukanya ke usap, jadi pelembab nya luntur. Itu harus pake pelembab lagi atau engga?

    Makasih😊

    BalasHapus
  74. Halo kak, aku mau nanya nih. Sunblock untuk muka dijual di apotek juga ga ya? Waktu itu km belinya berapa? Oh iya, klo pelembab Olay gapapa kan ya?

    Ka, aku kan di sekolah ada solat zuhur gitu, nah pas wudhu kan mukanya ke usap, jadi pelembab nya luntur. Itu harus pake pelembab lagi atau engga?

    Makasih😊

    BalasHapus
  75. haloo kak
    saya baca di comment katanya pakenya 3x sehari. jadi pagi siang malam atau 1x sehari aja (malem). wajah saya sih ga terlalu banyak beruntusan (gak sampe penuh satu muka hehe) , itu harus pake yang mana ya? 0.025% atau 0.01%?
    terima kasih��

    BalasHapus
  76. Haloo kaka
    Mw nny nih aku kan baru ganti perwatan mngkn smngguan lah hmpr 2 mnggu tp kok wjhku mlh jd jrwtn 1.2 sih nah terus beruntus di dagu...itu solusi nya pKai vvitacid yg brp ya dosisnya....makasih

    BalasHapus
  77. Mba aku pengen nyoba pake vitacid ini. Tapu aku pake wardah, dari cuci muka (yg acne), pelembab rencana mau pake yg sunscreen, trus pake beda nya wardah tapi yg padat yg extra cover, trus cleanser nya pake wardah yg warna ijo sama toner nya juga itu sepasang. Kira2 gmna mba? Cocok dan Kira2 tidak apa apa ngga ya? Mohon responnya

    BalasHapus
  78. Pengalaman saya tenyang jerawat memang butuh kesabaran terkadang juga putus asa karna sy mengalami breakout yg cukup parah karna ckincare tapi setelah hampir setaun mencari obat untuk sembuhin tak kunjung sembuh dari pergi ke dokter kulit sampai berbagai jenis obat dan cream jerawat dipasaran telah saya coba termasuk cream vitacid tapi sy hentikan karna sy gk tahan dengan purgingnya yaa ampun gk purging jg jerawat udah penuh apalagi pas purging waduhh muka seperti moster mengerikan di tambah rasa pedih saat cuci muka astaga begitu menyiksa...sampai nemulah ini cream ampuh yg bener bener sudah membuat ku sembuh total berawal dari saran temen yg pernah ngalamin jg breakout dan sembuh karna cream ini ternyata cream ini hasil racikan apoteker dan sy membelinya langsung di apotik deket rmh tmn ku tadi pertamanya sih sy ragu dengan cream ini dilihat dari bentuknya atau pot nya yg super kecil tapi gk apalah sy coba dulu toh harga nya pun gk mahal dan tentu nya cream ini aman tidak ada epek samping sedikit pun itu kata pihak apotik nya karna sebelum beli sy konsultasi dulu takut nya ada epek samping nya dan setelah sy pake selama seminggu wow ajaib jerawat pada kempes semua dan dan satu persatu mulai hilang saya terusin sampe 2 bulan jerawat nya sudah gk ada alhamdulillah akhir nya dari sekian lama cari cream atau obat baru nemu yg seampuh ini dan harga nya pun murah benget sy beli 80 rb dan benar terbukti cream ini aman di pake tampa epek samping sedikitpun tidak menimbulkan rasa perih, gatal,kulit kering,mengelupas,purging,atau ketergantungan tidak ada sama sekali malah sebaliknya kulit berasa lebih halus kalian bisa buktikan sendiri dan kl minat dengan cream ini bisa hub wa 081322354443 atau invit 52107af7 ada bukti poto sy sebelum dan sesudah nya dan banyak testimoni teman" yg udah coba dan alhamdulillah sembuh juga semoga komen sy ini bisa bermamfaat untuk anda yg sedang mencari cream jerawat yg bener" ampuh dan tentu nya aman tampa epek samping dan tidak ketergantungan

    BalasHapus
  79. Hey sis, saya udah pke vitacid lebih dari 2 thn loh. Dosis yg aku pake itu yg pling tinggi, dan alhamdulillah obat ini emg ampuh buat usir jerawat, apalagi jerawat bruntusan. Tp kl pake vitacid kdu sabar krna prosesnya yg cukup melelahkan, ada breakout sm pengelupasan kulit juga, hasilnya pun gak instan butuh sekitar 2-3 bulan buat muka bisa jd kinclong. jd kl yg gak sabar ps muka jd jelek mnding jgn pake hihihi. Sejauh ini vitacid mnurutku obat jerawat ampuh nmr 1 haha, smp skrg aku msih pake loh wlpn mukaku gak jerawatan. Aku skrg pake vitacid seminggu sekali ps weekend aja buat ngebenteng muka biar gk jerawatan. Jd wlpn ntr mbak mukanya udh kinclong, pemakaian vitacid kl bisa hrs tetep dipake dgn frekwensi 1-2 kali perminggu. Saran ajasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks sarannya mbak... trus aq boleh pakai cream garnier ngak mbak di siang hari? Kan garnier udah ada penangkal UVA uVB atau mesti pakai sunblok mbak?.. dan pelembab apa yg bagus mbak?.

      Hapus
  80. Vitacidnya di jual di semua apotik nggak? Kak..

    BalasHapus
  81. Mbak, numpang infonya. Saya pakai pelembab olay total 7. Kira2 pelembabnya bisa dpakai itu tdk? Dan kalau malam sbelum vitacid, bisa dioles serum total7? Trims.

    BalasHapus
  82. Mbak, numpang infonya. Saya pakai pelembab olay total 7. Kira2 pelembabnya bisa dpakai itu tdk? Dan kalau malam sbelum vitacid, bisa dioles serum total7? Trims.

    BalasHapus
  83. kalau buat ngilangin fleh hitam bekas jerawat, kira-kira bisa tidak kak??

    BalasHapus
  84. Kak kalo ak baru sebulan tapi cuma bekasnya yg banyak,, jerawatnya udh pada ilang,, bisa gk pakr vitacid jg bwt ngilangin bekasnya...

    BalasHapus
  85. Mbak aq mau nanya dong... kalo misalkan mau pakai vitacid 0.025%.. ngak pa pa ya kalo aq makenya garnier light cream di siang hari kan udah ada sunbloknya mbak.. atau gimna mbak?...

    BalasHapus
  86. Hallo kak, aku mau nanya, di muka aku kan hanya tinggal bekas bekas jerawat. Aku mau pakai vitacid, cocoknya yg berapa persen ya.

    BalasHapus
  87. Kak salam kenal, itu vitacidnya rata atau dibagian yg berjerawat dan bermilia saja pakainya??
    Terimakasih 😊

    BalasHapus
  88. Kak mau tanya dong,muka aku baru ngalamin bruntusan,baiknya nyoba langsung vitacid apa gmn ya? Trus kalo masalah purgingnya itu tergantung masalah masing2 muka orang atau emang pasti ngalamin? Terakhir,kalo pemakaian di totol ke jerawat apa rata ke seluruh muka ya??

    BalasHapus
  89. Kak mau tanya dong,muka aku baru ngalamin bruntusan,baiknya nyoba langsung vitacid apa gmn ya? Trus kalo masalah purgingnya itu tergantung masalah masing2 muka orang atau emang pasti ngalamin? Terakhir,kalo pemakaian di totol ke jerawat apa rata ke seluruh muka ya??

    BalasHapus
  90. Maaf ba kalo dipakenya buat ke punggung boleh ga ya? Soalnya saya banyak jerawatnya di punggung. Atau kalo mba punya saran obat jerawat buat dipunggung mohon infonya yaa..
    Makasih

    BalasHapus
  91. Ka mau nanya nih cara menggunakan salep vitacid pada jerawat kecil" nyah ituh gmna yah..apakah di oleskan menggunakan katen bud satu" apakah di gunakan seperti menghunakan krim merata...

    BalasHapus
  92. Ka mau nanya nih cara menggunakan salep vitacid pada jerawat kecil" nyah ituh gmna yah..apakah di oleskan menggunakan katen bud satu" apakah di gunakan seperti menghunakan krim merata...

    BalasHapus
  93. Efeknya apa yaa klo kita make sabun wajah yang mengandung salicylac acid?

    BalasHapus
  94. saya juga pake vitacid 0,025 tapi kemarin resep dokter setelah dari dokter kulit, dan gak ada purging sama sekali soalnya krimnya dikasih dalam bentuk pot dan dicampur hidrokortison cream (yang setelah aku search di google itu semacam anti iritasi), ni kyknya mau naikkin dosis jd 0,05 soalnya gak mempan kyknya, muka jadi agak sedikit bersih sih tp jerewi masih ada,

    BalasHapus
  95. bruntusan apa sih kak? Musuhnya popeye?

    BalasHapus
  96. Hai ka mau tanya dong aku kan pake vitacid yg 0,025 setiap malem dibagian yg berjerawat dan bekas jerawat, tapi kenapa ya yg bekas jerawatnya itu jadi numbuh jerawat lagi dan jadi gatel2, aku harus gimana ya ka? Mohon sarannya ya ka🙏

    BalasHapus
  97. Terima kasih banyak info nya sangat bermanfaat sekali untuk yang sedang mengalami permasalahan jerawat ...

    harga bioplacenton

    BalasHapus
  98. Kak mau nanya dong , bakal dibales ngga yah ini . Aku kan udah kemana mana buat ngilangin jerawat, aku juga udah pernah nyobain roaccutane selama 1bulan but nihil . Trus akhirnya ke dokter kulit nah aku dikasih anti biotik se tumbruk sampe" takut resistan sama anti biotik aku di kasih tau temen coba pake vitacid itu bagus tpi ada purging nak aku capek banget yg namanya fase" purging karna sebelumnya saya sudah merasakan nya jadi bakal purging lagi atau tidak ini aku beli vitacid yang 0.25%

    BalasHapus
  99. Kak pakai vitacid 0.025% ini bisa di pakai di area hudung kak? Soalnya bruntusan kecil2 banyak nya di sekitar area hidung kak

    BalasHapus
  100. Saya juga udah make Vitacid dan beneran bagus banget, padahal dulu masih pake yang 0,05 tapi langsung ngefek purging dan lama kelamaan udah gak purging lagi dan kulit pun jadi bersih, cuman kulit jadi lebih kering aja, jadi harus di eksfoliasi pake Konjac Sponge sering-sering.

    BalasHapus
  101. Mba kl buat busui aman gak? Sejak hamil beruntusan parah... Udh lahoran wl berkurang tetep aja beruntus betah nangkring terutama d jidat

    BalasHapus
  102. Halo kak,
    Aku lagi nyoba 2 hari nih, belum ada efek yang gimana gimsna. MungMun baba sebentar. Kalo baca dari artikel kakak menarik, jadi aku ikutan nyoba.

    Jerawatku bruntusan kecil kecil, kayak komedo kependem gitu. Dan banyak, sering malu, mau dimakeup kaya gimana jg wajah ku keliatan kasar.

    Makanya aku coba pake vitachid. Semoga hasilnya oke, ntar aku ceritain hasilnya di blogku ya kak,


    Cek aja di bantulinfo.blogspot.co.id

    Terimakasih untuk artikel nya

    BalasHapus
  103. Kak saya kan udah pakai vitacid sekitar dua mingguan gitu, minggu pertama muka saya baik" aja, jerawatnya juga sudah mulai berkurang. Tapi saat mingu kedua muka saya jadi kering, kemerahan, gatal-gatal, dan berkerak gitu kak. Menurut kakak itu gimana ya? Cara ngilangin kerak dan kemerahannya juga gimana ya kak?

    BalasHapus
  104. Sis kalo untuk ibu hamil bisa gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, kalau dari aturan pemakaiannya, tidak disarankan untuk ibu hamil dan menyusui ya...

      Hapus
  105. Ada saran moist yang mantul buat dibarengin sama vitacid? Setelah nyoba pake, kulit jadi super kering dan sensitif bgt, sampe ngelupas :(

    BalasHapus
  106. Kak kalau bruntusannya didagu aja pakai vitacid gmana ya ka. Aman gk? Apa proses nya 3-6 bulanan juga. Ini bruntusannya cuman sedikit sih ka

    BalasHapus
  107. Hai kak, aq baru pake vitacid yg 0,25% trus pembersih muka sama pelembabnya pake pon's,trus jerawatnya pada nongol banyak kak ,itu gpp kak atau aq harus berhenti??

    BalasHapus
  108. Hai mbak noniq...saya jg di bandung. Tp susah dpt retinoic acid 0.025. Beli apotik mn mbak? Klo beli online takut palsu 😨😊

    BalasHapus
  109. Halo kak, untuk ningkatin dosisnya itu gimana ya? Apa misal kita berhenti pake yg 0,025% beberapa hari baru pake yg 0,5% gitu?
    Terus ini aku mau nyoba yg 0,025% buat ngilangin bekas jerawat sama biar ga jerawatan lagi. Aku jerawatan kalo kebanyakan makan gorengan sama lagi dapet aja

    BalasHapus
  110. halo.salam kenal mba saya baru mau coba vitacid 0,025 tapi masi takut karnA berhubung muka saya itu sangat sensitif jadi saya mau saran dari mba apakah bisa pake vitacid tetapi tidak pakai pelembap dan pembersih wajah.okeyy terima kasih mba mhon direspon mba

    BalasHapus
  111. terimakasih sis, ini sangat membantu pas banget aku lagi breakouts parah mukanya,


    bantu kita juga dengan visit klik di sini ya, terimakasih :)

    BalasHapus
  112. hai kak salam kenal, saya baru mau mencoba rangkaian vitacid 0.025 ini. kebetulan wajah saya banyak beruntusan , flek hitam bekas jerawat, whitehead serta pori pori saya membesar setelah sebelum nya pernah memakain produk yg mengandung merkuri. cara pemakaian vitacid nya di oleskan keseluruh wajah tipis2 atau ditotol di calon jerawat dan bekas jerawat? lalu kandungan vitacid kata nya membuat wajah kering, dan tolong sarannya kak untuk pelembab pendamping nya. terimakasih.

    BalasHapus
  113. Kak,aku kan bruntusan di daerah pipi dan hidung.kalau pakai vitacid yang 0,25%.untuk pemula lebih baik setiap malam apa 2 kali sehari?

    BalasHapus
  114. Hallo kak saya pake vitacid ini udh lebih dari 2 mingguan trs aku pake stiap malam yg 0,025 setiap bangun tdr ko mka aku kya yg bermnyak berlebih gtu ya trs langsung cuci muka dan akhirnya mukanya kering ada ke merah2an ada jerwatnnya gtu apa itu wajar ya kak ?mksih kak

    BalasHapus
  115. Kak tolong kasih saran, kalo untuk beruntusan dan masih mau coba2 bagusnya pake yang mana kak yang 0.25 apa masih ketinggian

    BalasHapus
  116. Halo kk mohon responnya kk kk,,,aku udah 2 minggu pake vitacid 0.25 tpi jerawat ku nmbah menjadi2 dan ktanya klo prtama pke vitacid akan ngrlupas dan perih tapi saya kok nggak ngerasain itu semua sma skali nggk ngefek apa2 mlahan nmbah jerawat,apakh sya hrus ganti ke kadar yg lebih tinggi???

    BalasHapus

Selamat berkomentar, tinggalkan link pada username. Link yang berada di dalam kolom komentar akan dihapus. (Feel free to comment and put your link on your username ONLY instead comment box area, otherwise deleted).